Ayat-ayat bekal untuk motivasi

Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Rabbnya dalam keadaan berdosa, maka sesungguhnya baginya neraka jahanam. ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup.
Thaahaa (20): 74
Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau ………….
Muhammad (47): 36
Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur.
At-Takaatsur (102): 1,2
Maka janganlah harta benda dan anak-anak, mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak akan melayang nyawa mereka, sedang mereka dalam keadaan kafir.
At-Taubah (9): 55
Ketahuilah bahwa kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur,……………,Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
Hadiid (57); 20
Dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenar-benarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.
Al-Ankabuut (29); 64
Memang, bila dilihat hanya dari permukaan, dunia ini sangat indah dan mempesona, sehingga tidak heran banyak orang yang tergiur dan terpedaya olehnya. Padahal kalau orang mau menyelam melihat hakikat yang sebenarnya, maka akan nampaklah dunia itu tidak lain hanyalah tipuan kosong belaka. Betapa hari ini dibuatnya kita tertawa terpingkal-pingkal, dan esok hari dibuatnya kita menangis tersedu-sedu.
Seorang ahli hikmah berkata, ” Barangsiapa yang menyaksikan dunia dengan menggunakan mata batinnya, niscaya ia tidak akan rela menggunakan sebagian besar waktu dengan tenaganya hanya semata-mata untuk merengkuh dunia ke dalam genggamannya. ”
Kita harus segera menyadari, dunia hanyalah batu loncatan bagi manusia untuk mencapai akhirat. Dunia bukanlah tempat yang diciptakan Allah untuk kita tinggali selamanya, tetapi dunia hanyalah sekedar tempat persinggahan sementara dalam perjalanan kita menuju kampung halaman yang telah disediakan Allah, yaitu akhirat.
Bersikap prihatin dalam suatu perjalanan tentunya sangat bijaksana. Bukankah bagi seorang pengembara itu kenikmatan adanya di akhir perjalanan ?
Ingatlah selalu pesan Nabi kita ;
Akan datang kepada umatku suatu zaman, dimana mereka cinta kepada lima perkara dan lupa kepada lima perkara yang lain.
Yaitu cinta kepada dunia, lupa kepada akhirat; cinta kepada harta, lupa kepada perhitungan; cinta kepada makhluk, lupa kepada Kholiq; cinta kepada dosa, lupa kepada taubat; cinta kepada mahligai, lupa kepada kuburan.

 

18 thoughts on “Ayat-ayat bekal untuk motivasi

  1. semuanya memang butuh pendalaman yang menyeluruh tentang ayat ayat diatas. bahkan kehidupan telah mengajarkan kepada kita, bagaimana kita mensiasati hidup ini. hanya saja semua berbeda beda. semua bisa terkecoh dan terberdaya dengan apa yang ada didepan kita.

    tapi ada hal baik dibalik itu semua. kita bisa menggenggan semuanya, menghandle tentang apa yang mau kita kerjakan.

    inilah yang menjadi renungan : cinta kepada dunia, lupa kepada akhirat; cinta kepada harta, lupa kepada perhitungan; cinta kepada makhluk, lupa kepada Kholiq; cinta kepada dosa, lupa kepada taubat; cinta kepada mahligai, lupa kepada kuburan.

    semoga memberikan hikmah yang mendalam buat kita semua.

    ketenangan jiwa lebih indah dari segalanya

    salam buat mbak nopha

  2. kalo semua orang bisa berpandangan seperti itu, pasti berbagai tindak kriminal atau kejahatan itu insyallah tidak akan terjadi, saya suka sekali dengan artikel ini…

  3. yep sangat mencerahkan uraian diatas….mengagumi dunia denga berlebihan..seakan hidup panjang tak akan mati……semuanya semu. ditinjau dari sisi kurun waktu saja, kiranya manusia sudah cukup sadar bahwa dunia ini hanya sekejab mata….dibanding waktu alam akhirat.
    100 tahun di dunia hanyalah sekitar hitungan 30 detik waktu akhirat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *