Tipe-Tipe Manusia dalam Mengabdi Kepada Tuhan

Menurut sebagian pakar, terdapat 3 tipe manusia dalam beribadah ( ta’at melaksanakan perintah-Nya ). Ketiga tipe ini sama-sama lillahi ta’ala, hanya ‘ penghayatannya ‘ yang berbeda. Inilah yang membedakan ‘ kualitasnya ‘.
Tipe pertama, adalah tipe ‘ pedagang ‘, yaitu melakukan sesuatu demi memperoleh imbalan yang menyenangkan. Termasuk dalam kategori ini adalah orang yang ta’at kepada Allah karena mengharapkan di akhirat kelak akan dimasukkan ke surga.
Tipe kedua, adalah tipe ‘ budak ‘ yang takut pada majikannya. Ia ta’at kepada Allah karena dorongan takut siksa neraka.
Tipe ketiga, adalah tipe ‘ orang arif ‘, yaitu orang yang beribadah bukan karena mengharapkan imbalan surgawi dan juga bukan takut neraka, melainkan sebagai ‘ balas jasa ‘ karena menyadari betapa besar anugerah Allah yang telah diterimanya. Ia tidak berani membangkan kepada Allah semata-mata karena rasa malu bahwa Tuhannya telah memberikan yang terbaik untuknya. Tidaklah pantas baginya membangkang pada perintah Allah yang telah memberinya anugerah yang tidak dapat dihitung banyaknya. Dengan demikian segala tindakannya semata-mata karena tidak ingin Tuhan ‘ kecewa ‘ kepadanya.
Melihat kenyataan yang ada sekarang, ada pakar yang menambahkan satu tipe lagi, celakalah kita bila termasuk dalam tipe ini. Tipe yang dimaksud oleh pakar ini adalah tipe yang bukan sebagaimana sang arif yang bersyukur, pedagang yang mengharap ataupun budak yang takut, ia adalah tipe ‘robot’ yang melakukan ibadah secara otomatis tanpa pemikiran dan penghayatan. Ia Shalat namun yang teringat adalah bisnis, kenikmatan duniawi atau bahkan benda-benda kecil yang tidak bernilai!

11 thoughts on “Tipe-Tipe Manusia dalam Mengabdi Kepada Tuhan

  1. yang terakhir sepertinya tidak termasuk kategori orang ahli ibadah karena masih memikirkan kenikmatan duniawi :-)
    type yang ketiga adalah type loyalitas yang tinggi hamba-NYA kepada-NYA, ALLAH SANG KHALIQ,
    semoga ALLAH selalu melindungi kita dan menjadikan kita sebagai hamba-NYA yang ahli ibadah yang loyal kepada-NYA :-)

  2. saya tipe ketiga..hehe
    walaupun saya jarang beribadah tapi saya tidak pernah mengharapkan pujian atau apapun..
    jika mendapatkan pujian saya pasti selalu bergurau.. dengan membalas ucapan “ah ga ah biasa aja ko ”
    😀

  3. Pingback: Tingkat-Tingkat Kepribadian Manusia | nopha kartika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *